Kabar neng,

Alhamdulillah sedikit baik. hanya saja pergelangan tangan kanan neng tepat di uratnya, terasa sakit. Udah lama sich terjadinya sekitar 2 bulan yang lalu. dikarenakan waktu itu (malam hari), Dzakwan gak mau memberikan posisi yang nyaman untuk neng disaat dia sedang nyusu. udah sempat neng kusukkan, agak baikan sich….tapi sering kambuh. bahkan udah 1minggu ini terasa sangat sakit. Untuk angkat  Dzakwan kadang neng ampe nangis sangking ngilunya. untuk nimba air disumur juga terasa sangat sakit. pokoknya untuk beraktivitas terasa sakit dan sering ngebuat neng nangis karena gak tahan dengan rasa nyerinya. neng belum coba untuk mengusukkannya kembaliTukang kusuknya lagi keluar kota (ke tempat anaknya, Gak tahu di mana).

Tangan kiri neng tepatnya dibag. telapak tangan bag. dalam, beberapa hari yang lalu tiba2 saja terasa kaku, gak bisa digerakkan. dan terasa hingga ke siku. sekitar 5menitan baru bisa sedikit digerakkan. Hingga sekarang, sakit itu masih agak terasa.

Tensi darah neng, dibawah normal yakni cuma 80. memang neng sering merasa pusing jika neng ganti posisi dari duduk menjadi berdiri. Tiap malam, kaki neng terasa dingin dan perut neng sering terasa kosong serta banyak lagi dech keluhannya.

Huh………..Aa tahu gak, kalo neng ungkapkan keadaan neng ini pada Dzakwan dan kemudian neng tambahkan neng mengatakan bahwa “kayaknya umur mama gak akan panjang lagi”, pasti dech dia langsung diam dan tampak raut sedih diwajahnya

Huh……………semoga saja keadaan neng segera membaik. yach………….maklumlah neng khan masih baru menjadi seorang mama. so belum tahu trik yang baik menjaga kondisi tubuh sendiri. selama ini yang neng pikirkan dan utamakan hanya keadaan Dzakwan saja.

Kabar dzakwan,
Emmmmmmm………….Sekitar 5 hari yang lalu, Dzakwan mulai pintar ngajakin neng ngobrol. Tiap matanya terbuka (gak tidur), pasti dech rumah neng terasa sangat ramai dengan ocehannya itu. kalo gak disambut, dia marah

lalu sekitar 2hari yang lalu, dia bertambah pintar. Dia mulai bisa memainkan mulutnya sehingga mengeluarkan suara seperti kita kalo sedang mengatupkan mulut dengan kuat dan melepaskannya dan keluar suara. Nah……..dia sekarang pandai seperti itu.

Gak tahu dech, betapa bahagianya neng dengan perkembangannya. Dia sangat sangat sangat menghibur dan membahagiakan diri neng.kebahgiaan yang gak pernah sama sekali neng bayangkan “betapa indah dan nikmatnya”.

Hari rabu yang lalu, dia neng ajak keg. wirid (pengajian Ibu2 ditempat neng tinggal). awalnya dia tampak bingung, karena banyak orang di sekelilingnya dengan menggunakan jilbab. sempat sich dia nangis karena memang dia belum pernah ngedapeti suasana yang begitu ramai. kemudian dia juga bingung, mendengar suara yang kuat yang berasal dari sound systemnya. maklum, dia memang gak pernah mendengar suara yang bervolume besar. Tapi……lama kelamaan dia tampak bisa menyesuaikan diri. dia juga digendong oleh ibu2 yang gemes melihat dia. dan mereka merasa senang karena dia diam saja digendong oleh mereka

Oh ya a, sewaktu neng kirim email yang kemarin itu (isinya no. rek neng), khan Dzakwan terbangun tuch…..eh dia ngeliati dengan serius layar/monitor. ampe neng goyang2 kepalanya dia tetap bengong dengan serius banget. kemudian disaat neng bilang ke dia “bahwa nanti dzakwan pastinya akan diajarin ma papa oshman ttg komputer. makanya Dzakwan doain semoga urusan mama disini bisa segera selesai sehingga kita bisa segera tinggal dengan papa oshman”, eh…….dia ketawa terus ngeliatin lagi komputer dengan mimik wajah yang sangat serius. tapi karena neng masih takut akan efek cahaya monitor, makanya neng buru2 tutup komp.nya

betapa bahagianya a. memang disatu sisi berat banget masalah yang neng hadapi sekarang. tapi disisi lain neng juga mendapatkan kebahagiaan yakni dari Dzakwan. Gak sabar rasanya, untuk segera membawanya ke sisi Aa

Sering2 aja kasih email beginian :((

dear my Goddess and My little Prince in the cross of the island,

it was very-very long time ago we couldn’t see each other. how like you are, how big are you and so many-many questions in my mind to known both of you. i never found you, even just in my dreams. i loose you both, and of course i’ m really-really missing you are so much. my slept was unwell, and will always be like that. i don’t know, what is the important thing to say or just useless. since i was born, i never have good things to told, even to my lovely wife. i just know that  i was loving her but i didn’t know how to proving of it to treatment.
every breath that i take, every step that i make, and every single night and day i just remembered you are. I just only have some worried, fear about you. did you know,… i always worrying you. i am just afraid you be on the sadness,  insuffiency , hungry, thrusty and not enough money for your daily requirements. but, it was surprising, yeah,…. you are make me surprised. however thats you are. you are so strong, and really brave. do you remember about your promise ? of course you know, but let me tell you, you have promised me for not to cry or falling your tears anymore however thats really-really hearting you. remembered? Your son,.. Our son…. known that! so please don’t teach him about the sadness or how to cry. he just may to know how the best thing to do !

I Love you.

Makacih ya cayank………udah ngerjain kita berdua dengan bahasa yang agak2 banyak membingungkan
heh……………Jadi pengen JITAK DECH

1st Happy aniversary

Assalamu’alaikum……………..

Semoga keadaan Aa disana dalam keadaan baik2 saja dan tentunya sehat juga Begitu juga dengan kami disini, alhamdulillah sehat juga.

Tepatnya 1 tahun yang lalu, telah diucapkan dengan baik dan tentunya dengan rasa yang  TULUS oleh seorang pria yang amat sangat aku cintai yakni “Oleh Shomantri” dihadapan beberapa orang Bandung kepadaku. Dia mengucapkan rangkaian kata yang amat sakral dan terpenting bagi hidupku yakni Rangkaian kata IJAB QABUL atas diriku untuk menjadi pendamping hidupnya. Tapi sayang, baginya saat itu tidak tampak olehnya kabahagiaan pada diriku. memang benar, ada sedikit ketidak bahagiaan menaungi wajahku dikarenakan pernikahanku itu tidak dilihat oleh kedua ortuku. Tapi…………kebahagiaan juga gak kalah dengan kesedihan yang menaungiku. Aku bahagia banget hingga aku meneteskan airmata, begitu ia selesai mengucapkan IJAB QABUL itu dihadapan banyak orang. Dalam hatiku terucap “mamak, Bapak Maafkan aku jika aku tidak melibatkan kalian dalam pernikahanku ini. tapi aku tetap berharap sekali kata “RESTU” akan aku terima dari kalian kelak”.

Sayang, dari kemarin hati ini terus berdebar2. neng tiba2 saja menangis dan ingat Aa. neng ingat pertemuan kita untuk pertama kalinya dalam dunia Chat. neng inget pertemuan kita pertama kali di kota kelahiran neng. neng inget disaat kita di hotel SUMATRA. neng juga inget amarah Aa yang buat neng sangat sangat menakutkan yang terjadi di Lab Aa dan dirumah emak. dan neng juga teringet disaat Aa mengantarkan neng di BSM untuk pulang ke kota kelahiran neng dengan maksud untuk menyelesaikan semua masalah yang ada sehingga tidak akan ada lagi yang namanya keresahan dihati dalam menjalani kehidupan RT bersama dengan Aa.

Sayang, neng inget hal itu tanpa neng paksa2. semuanya hadir dalam pikiran neng hingga tadi malam dan terbawa dalam mimpi neng. Jujur, neng kangen banget a.

Sayang…………….Neng berharap plus berdoa “semoga 4JJ1 memberikan kemudahan2 untuk kita dalam bersatu kembali serta dalam mengarungi bahtera RT”.AMIN

Sayang…………..hari ini. neng dan Dzakwan fhoto bareng. Insya 4JJ1 paling lama hari Jum’at kami kirim kesana. Aa simpan yach fhoto kami. tapi………..sayang Dzakwan tampak kurang gairahabisnya dia ngerasa ngantuk banget tapi………..neng asyik mohon ma dia supaya tidak tidur dulu. Dan beneran………begitu selesai fhoto, Dzakwan langsung tidur dalam gendongan neng.

Aa, Neng tidak mengajarkan kesedihan or semcamnya pada Dzakwan. Neng tahu hal itu tidaklah baik, tapi………..pada siapa lagi neng mengadu jika bukan padanya. Jika mengadu pada Aa, neng takut Aa akan merasa bosan dan lelah dengan apa yang neng ungkapkan. Dan neng takut sekali Aa hanya akan terpikir dengan kata “neng bohong pada Aa”.

Sayang…………….Maafkan neng ya
Dan please beri neng doa dan semangat terus sehingga keputus asaan tidak hadir kembali pada diri neng.

Banyak sekali yang ingin neng ceritakan pada Aa. tapi…..udah sore a ditambah lagi disini cuaca udah mendung dan kayaknya bakal hujan deras. disini udah lama banget gak hujan2. tadi saja neng udah 2x balik kerumah lagi dikarenakan baru jalan sebentar langsung turun hujan. tapi tetep neng paksain ke warnet plus berdo’a supaya jgn turun hujan disaat kami diluar rumah. walau gak bisa chat bareng, kirim email juga gpp.


Neng and Dzakwan

Untuk Suamiku yang amat sangat aku cintai dan aku rindukan

Tadi pagi, pagi….sekali diri ini keluar rumah dan menghadapkan jasad ini  kearah timur. Disana terlihat setumpuk warna merah yang amat sangat indah terletak disekitar matahari terbit dan juga menyelimuti awan. Hati ini berkata “SUBHANALLAH………….Ya 4JJ1, Engkau memang Maha Agung. Tiada satu makhlukpun yang mampu menciptakan warna yang sangat sangat indah ini. Maafkan diri ini jika selalu lupa dalam mensyukuri nikmat yang selalu dan setiap saat Engkau berikan padaku.”

Kemudian seorang bayi lucu dan cerdas bangun dari tidurnya. Ia bangun dengan sedikit tangisan dikarenakan tidak  dia temukan Ibunya disisinya. Dia adalah anakku, Dzakwan namanya.Anak yang selalu menemaniku dalam suka maupun duka. Dia lah penopangku untuk saat ini. Dialah pengganti suamiku yang kini jauh dari sisiku. Tapi aku yakin mereka berdua kelak akan menjadi pelindung dan penopangku dalam 1 keadaan dan dalam sisa hidupku. Continue reading

Gwe …

Bismillah,…

surat dan foto kalian dah sampai senin sore kemarin tgl 28 Januari 2008.

Lho kenapa hari senin sore yacch a:( Soalnya neng kirimnya hari Kamis. Khan seharusnya nyampenya hari Sabtu.Ih………….Gimana sich pos-nya. Tahu gitu neng kirim aja hari Jum’at. Tapi……yo weslah, Ngalah aja
 
entah apa aa kudu ngerasa bahagia atau gak, mimpi-mimpi selama ini kini terasa nyata, aa pikir dia yang nampak dalam mimpi dengan yg neng kasih
itu adalah sosok yang, hanya ja umur dan bentuk badan memang belum sama persis. aa hanya  khawatir aa hanya baru akan bertemu dan bersama kalian saat usianya sama dengan yg diperlihatkan dalam mimpi itu.
neng berharap Aa akan bahagia melihat fhoto kami khususnya fhoto dzakwan.Ya a….setelah neng baca email Aa ttg mimpi Aa menggendong Dzakwan, sepulangnya tiba2 saja batin neng terpikir “Apakah kami akan dipertemukan sesuai dengan mimpi Aa itu”
 
tapi setidaknya aa dah bisa tau bagaimana dia nanti dengan ukuran tubuh dia saat ini. dia memang nampak gemuk dan kini juga dia memang sudah gemuk, kulitnya yang sekarang memang nampak putih tapi dalam mimpi dia
nampak lebih hitam dari sekarang ya memang sawo matang tapi lebih agak hitam. aa tidak/belum tahu bagaimana rambutnya, karena dlm mimpi itu dia menampakkan dengan rambut panjang dengan ujung-ujungnya agak ikal.si abah ja bilang kalo dia itu anak yg sangat lucu dan sangat membahagiakan sekali jika dipandang. Pa kun2 juga melihatnya dan beberapa guru juga ikut ngelihatnya karena a print fotonya di tempatnya abah karena printer yang ada di ruangan aa dah jelek kalo untuk nge-print foto.
Rambut Dzakwan untuk sekarang ini lurus, sepertinya ikal seperti rambut neng. tapi……….gak tahu juga ntar.Karena yang neng tahu, setiap saat akan terjadi perubahan bentuk fisik anak.Szakwan itu emang ngegemesin bagi setiap orang yang melihatnya. terlebih dia ttype anak yang murah senyum dan gak ngerewel. Neng jadi malu……….plus seneng juga dengan komentar mereka akan Dzakwan. Semoga aja mereka gak ada coment akan fisik neng, asal tahu aja saat fhoto itu berat badan neng cuma 38Kg.
 
anyhow, i’m really glad to see him like that, He was very charm, cute, handsome enough just like his father 😉 but the important thing is he’s look very well, that’s enough for me. but if i wasn’t wrong you look so older than ever and stilling look so thin. i hope you will always be health and stronger to face this world as long as i not in your side.
 
Mudah2an aja 4JJ1 kasih neng kepintaran and kecerdasan so neng bisa ngerti bahasa kalbu suami neng yang ………………..
Semoga saja Aa bisa merasa bahagia sama seperti apa yang neng rasakan (kebahagiaan) akan diri Dzakwan. Untuk diri mamanya, jangan terlalu banyak dikomentari dech………Udah dari sono-nya

Mengenai foto yang ada di net yang di taruh di yahoo, sekarang ini memang sudah gak ada, karena yahoo dah gak lagi bisa nampung/memiliki fasilitas untuk menyimpan foto so mungkin foto-foto terdahulu pun dah hangus. tapi ya nantilah jika masih bisa aa usahakan cari kemana itu file foto2 tersebut mungkin aa akan cari. o ya fotonya dan aa scan dan dah aa buat di kertas foto ukuran A4, hanya ja aa masih bingung mo ditaruh dimana foto itu karena dan hampir 1 bulan ini aa juga gak pulang2 ke rumah emak lagi. dan saat ini
aa lagi nyari tempat untuk kost, aa dah ketemu dengan temen aa dan dia punya rumah type 21 tapi tempatnya jauh sekali dengan sekolah, rencananya tgl 7 februari mendatang aa akan melihat tempatnya dan jika saja aa rasa cocok, mungkin akan langsung menempatinya. jaraknya mungkin sekitar rumah neng dengan bandara, tapi mungkin lebih.
memang sebaiknya Aa tinggal dirumah emak, tapi akan lebih baik jika Aa tinggal sendiri alias kost. setidaknya Aa bisa merasakan rasa nyenyak dalam beristirahat. Neng gak setuju jika Aa tinggal disekolah. memang ngirit sich hanya saja gak enak akan pandangan teman ngajar Aa. Walaupun neng tahu Aa akan bilang “masa bodoh dengan mereka”.

Coba dech Aa cari yang dekat sekolah Aa. Bukan apa2 sich a, hal itu akan mempermudah Aa dalam bekerja. karena waktu kerja Aa itu gak bisa ditentukan sampai jam berapa. Malah kadang2 ampe 1maleman. Makanya jika dekat khan Aa gak susah untuk pulang and segera menikmati istirahat.
Walau murah, kalo jauh dari tempat kerja sama aja a. Mendingan gak usah aja dech.
 
Mengenai perkembangan si sidiq, sukurlah kalo dia baik-baik saja, mudah2an neng bisa mengurusnya sampai dia benar2 bisa mengurus dan menjaga neng. mengenai makan nasi, apa gak sebaiknya jangan dulu atau coba tanyakan ke posyandu dulu apa dah baik atau tidak dengan usianya itu dia dah diberi makan nasi. aa hanya gak mau dia tumbuh jadi orang yang serba super, dan
mengenai dia sudah sering minta di berdirikan, sebaiknya jangan dulu aja deh, karena a khawatir nantinya pertumbuhan fisiknya tidak bagus. biarkan ja dia mampu melakukanya di usianya yg umumnya balita bisa berdiri, aa hanya takut nantinya dia punya kaki “O” so sebaiknya jangan dulu dipaksakan.
kebahagiaan itu tiba atau tidak aa juga gak pernah tahu pastinya, hanya ja harapan tanpa usaha hanyalah sia sia semata tapi ya… terserah neng ja deh karena aa gak tahu apa-apa tentang semua ini.
Iya sich a, neng tahu itu. Neng memang batalkan ia makan nasi. Neng hanya beri ia promina and air tajin (bukan nasinya). Walau ortu neng kasih saran untuk segera kasih nasi tim. neng juga gak mau dia dipaksa untuk besar. neng ingin semuanya berjalan sesuai waktunya kecuali…………KECERDASANNYA.
Oh iya a, sekarang Dzakwan udah pintar telungkup so sekarang susah banget pake’in dia baju. Pasti dech neng keringatan karena dzakwan sebentar2 telungkup. Udah gitu kalo tidur lagi………bawaannya selalu mau telungkup. Capek……….
Setiap selesai mandi pagi, pasti dech Dzakwan terus telungkup and ngoceh kuat2 ampe matanya merah karena ngantuuk. Baru dech dia tidur………ampe siang.
 
mengenai pertanyaan neng tentang air kencing si sidiq, aa tidak akan beri komentar yang seolah aa paling tahu dengan jawaban itu hanya ja aa akan ngasih sekedar kepercayaan ma neng, ya mudah2an ini berguna bagi neng. JIka saja kita kaji ulang asal mula dari adanya ilmu fiqih, (karena mengenai urusan najis itu termasuk ke dalam lingkup fiqih) semua yang namanya fiqih itu
berasal dari hasil pemikiran yang didasarkan pada suatu sumber baik itu yang datangnya dari al-qur’an ataupun dari As sunnah. so, jika neng telah ataupun
pernah mengetahui salah satu dasar hukum dari apa yang neng pertanyakan itu, maka jawabannya adalah apa yang menurut neng baik ataupun terbaik untuk dilakukan. aa ingatkan, kita tidak boleh men-Tuhan-kan  membenarkan) kepada Hadits, ataupun Al-Qur’an terlebih pendapat para Kyai ataupun Ustadz.* sumber yang kita ketahui dasar kebenarannya itulah yg patut kita jadikan acuan segala keputusan terbaik yg harus kita pegang. so neng jawab ja pertanyaannya dengan akal neng, karena aa pikir neng telah cukup bisa memutuskan mana yg terbaik dari yg neng hadapi ataupun neng pertanyakan. yakin dan percaya sajalah pada apa yg menjadi dasar kebenaran yg kita yakini.
Thanks ya a………setidaknya neng kini bisa kuat dalam ngejalani sesuatu yang neng anggap ragu. Khususnya akan hal tsb.

mengenai pekerjaan, aa tidak setuju neng bekerja dengan  meninggalkan si sidiq atu dengan membutuhkan waktu yg lebih banyak dari pada waktunya untuk si sidiq. Les adalah hanya satu2nya pekerjaan yg aa bolehkan untuk neng lakukan untuk cari tambahan duit, yg lainnya aa tidak izinkan. aa memang tidak dapat ngasih duit kepada kalian dengan jumlah besar, tapi
mudah2an biarpun kecil yg aa dapat transfer tapi bisa kontinyu aa lakukan. O iya gaji aa yg 1 juta tiap bulanya itu aa bayarkan untuk nyicil utang di koperasi
dan juga bayar utang ma abang, dan sebesar 27 ribu aa masukkan ke dalam kotak masjid yg aa anggap sebagai zakat penghasila aa pada setiap bulannya. dua bulan kemarin itu aa bayar cicilan  motor mio yg dulu aa miliki sebesar 427 ribu x 2 bln karena utang aa ma abang bekas perbaiki kamar yg dulu aa tempati sebesar 1 juta. dan motor mio itu pun aa kasihkan ma abang karena aa ingin di rumah emak airnya dijadikan jet pump dan sekarang memang sudah tercapai dan sempat pula aa belikan emak lemari besar. aa lakukan semua itu untuk kenyamanan tinggal di rumah, sebebanrnya juga a lakukan itu untuk jaga2 jika sewaktu2 neng datang kembali dan aa belum temukan tempat yg cocok untuk a tinggali bersama kalian. makanya aa beranikan
diri untuk menjual motor mio itu ma abang. masalah ATM dan alasan keberanaan neng di sana, aa putuskan untuk menggantinya dan mengacuhkannya. saat aa tanyakan ke mandiri memang katanya bisa diperpanjang hanya kena carge aja, setelah aa pikir2 daripada kena carge
mendingan buka rek yg baru. alasan yg neng ajukan mungkin akan aa pakai jika memang dirasakan perlu. kali ini aa tulis banyak surat ma neng, hanya jika ja boleh aa ajukan/sarankan apa gak sebainya neng hemat duit neng daripada dipake buang2 duit untuk sekedar ke net kan bisa lebih baik dipake buat di sidiq ya lagian gak usah bersusah payah jauh-jauh ke net. bukannya apa apa aa hanya khawatir kalian kekurangan duit sementara belum tentu aa punya untuk memberinya pada kalian. dan kalo boleh tau dah seperti apa urusan neng sekarang ini? apa lagi yg mengganjalnya? dan sampai kapan itu?
Kalo neng kasih kabar lewat pos, biayanya bisa melebihi biaya net. sementara kalo nge-net neng gak lepas dari 5rb. memang boros sich………makanya neng mo bilang ke Aa jangan marah kalo neng kelamaan gak baca email dari Aa. Salah satunya dikarenakan biaya and neng ngasih les-nya setengah hari sore and hampir tiap harri. makanya agak susah cari waktu luang.
Btw, neng harap disana Aa juga kudu bisa ngurus diri Aa. Jangan sampe kuliahnya keteteran.neng seneng dengan apa yang Aa lakukan untuk emak (rumah emak). Dengan begitu, tentunya emak akan semakin merasa bahagia dengan apa yang ia lihat thd diri anaknya. setidaknya ada hal positif yang ia terima / dapatkan dari diri anaknya.
cipika cipiki buat si sidiq !
 juga untuk papa Oshman
buat neng nanti aja !
:- sama Untuk Aa juga ntar aja ampe Aa-nya pingsan
Wassalam…

Dzakwan posyandu

Bismillah………..

Di email ini neng pengen bercerita ke Aa, khususnya tentang Dzakwan. Boleh yach chayank…………….

1. Hari rabu kemarin, neng khan wirit (mungkin kalo ditempat Aa namanya pengajian). Neng bawa Dzakwan juga. terus disana, ada seorang ibu2 yang memperhatikan Dzakwan dengan wajah yang serius sambil senyum. akhirnya dia mendekati kami dan meminta izin utk menggendong Dzakwan. Dzakwan khan type anak yang murah senyum (terlebih jika pinter ngajakin dia ngobrol), ibu tsb seneng banget ngeliat Dzakwan. Terus dia bilang ke neng” perempuan ya anaknya?”. Awalnya neng sempat mengerutkan alis “kok kenapa baru tanya sekarang”. Tapi…………….jujur aja a, utk pertanyaan seperti itu adalah pertanyaan yang biasa. Karna setiap orang yang pertama kali melihat Dzakwan pasti dech mereka mengira kalo Dzakwan itu perempuan
Yach……………neng bilang saja laki2. Dia terkejut sembari mengatakan “kok mirip perempuan yach?. Lalu tanpa sengaja neng ceritakan pada ibu tersebut akan kehamilan neng. Bahwa selama neng hamil Dzakwan, neng khan selalu ngaji baik pagi or maghrib. Terus di usia kandungan 9, neng bacakan surat yusuf untuk anak neng. kenapa surat yusuf?karena neng ngerasa yakin anak neng ini laki2. makanya neng bacakan surat yusuf, setidaknya kebaikan yang ada dalam sifat and perilaku Nabi Yusuf ada dalam diri anak neng kelak. Neng udah bacakan sebanyak 2x, dan setiap selesai baca surat tsb neng selalu bilang “Nak………kalo mau keluar sekarang, keluarlah karena mama udah hadiahkan kamu surat Yusuf dengan maksud kamu akan berperilaku sebaik Nabi Yusuf”. Tapi………….anak neng gak kunjung keluar juga. Yach……..alhasil neng teruskan saja ngaji neng seperti biasa. Namun begitu nyampe ke surat Maryam, tiba2 batin neng mengatakan “apakah anakku perempuan”. Sembari sedih, tetap neng bacakan surat tersebut dan menghadiahkan untuk anak neng. neng membaca surat itu selama 2hari, yakni di tgl 11 Pagi n tgl 12 malam setelah sholat isya, tarawih n witir (dirumah). Eh……….ternyata tgl 13 malam, setelah buka puasa n mau sholat isya, neng mengeluarkan tanda namun belum sakit. Pagi harinya baru neng merasa sakitpada perut neng dan neng masuk angin.
Lalu ibu tersebut bilang ke neng “eh, jangan salah dengan makna surat Maryam itu. Di kisah Maryam, banyak sekali pelindungnya (Lelaki / Nabi)”.
——————————————————————————————————————-
Gak tahu a, setelah mendengar perkataan ibu tersebut, neng tiba2 saja merasa bahagia banget. neng juga langsung teringat akan pesan Aa ke Dzakwan waktu “agar Dzakwan selalu membuat neng bahagia dan menjadi pelindung neng”.
Sesampai neng dirumah, neng gak puas2 menciumi Dzakwan dan dengan hati yang bahagia banget plus rasa haru neng bertanya padanya “Bener yach nak, kelak kamu akan seperti lelaki/nabi yang perkasa yang ada dalam kisah Maryam yang selalu melindunginya. Apakah kamu akan selalu melindungi mama?”.

Dan bahagia banget neng karena Dzakwan tersenyum a
——————————————————————————————————————
A, bisakah Aa ceritakan kisah Maryam ke neng. apakah yang dikatakan ibu tsb benar adanya. Karena gak banyak yang neng tahu akan kisah Maryam. Please………. Aa ceritakan ma neng yach a.

2. Kemarin di tgl 13, Dzakwan posyandu. Alhamdulillah berat badannya tambah, emang gak banyak sich hanya 6 ons yakni dari 6,3 Kg menjadi 6,9 Kg. Terus dia diberi imunisasi Hepatitis yang ke-2 + DPT + Polio. Sewaktu disuntik, Dzakwan gak nangis lho aSepulangnya, badan Dzakwan agak panas. Terus neng minumkan obat yang diberi bidannya. Kemudian neng tidurkan dia. Malamnya, badan Dzakwan makin panas. Dia agak rewel, mungkin dia gak tahan dengan reaksi imunisasi yang diberikan. Tapi……….alhamduliilah dia masih bisa tidur walau dengan kegelisahan dan neng cukup capek karena dia sebentar2 bangun n minta nyusu. Dalam setiap neng terbangun, batin neng selalu bicara “Ya 4JJ1, aku tahu Engkau sekarang melihat akan keadaan anakku. aku mohon sembuhkan ia walau aku tahu ini bukanlah penyakit melainkan reaksi imunisasi. tapi…….aku sangat khawatir n sedih dengan reaksi Dzakwan.”
 Alhamdulilah a, paginya dia bangun dengan senyum yang ceria. seolah2 dia mengatakan bahwa dia udah sehat. Neng seneng banget a.

3. Sebenarnya rencananya kemarin neng mau ke net. Hanya saja neng masih rada khawatir dengan keadaan Dzakwan. Lagian, tetangga neng menitipkan rumahnya ke neng. makanya gak jadi. yach…………….maksudnya kalo kemarin kami ke Net-nya, khan Dzakwan pas genap 5bln ditambah lagi pas banget dengan hari ValentineTapi…………….gpp dech.
Terus………….tadi malam sewaktu Dzakwan sedang tidur, neng berbisik padanya “Nak, jumpai Papa Oshman yach. Bilang ke Papa Oshman bahwa Mama Kangeeeeeeeeeeeeeeeeeeeen Banget padanya”.
Eh, gak ada 5 menit kemudian tiba2 aja Dzakwan tertawa terpingkal2 (kekeh). neng kaget banget…………tapi neng langsung inget akan pesan neng ke dia. Lalu batin neng bertanya “Apakah dzakwan beneran ketemu Aa?”.

So…………..sekarang neng tanya ma Aa “apakah Aa tadi malam ketemu dengan Dzakwan?n apakah dia menyampaikan salam neng ke Aa?”

4. Untuk tempat kost itu, yach udah neng serahkan aja ma Aa. Neng gak mau berdebat panjang lebar ma Aa. Neng percayakan saja ma Aa. Yang penting jangan jauh dari Pasar. bagaimanapun khan kita juga butuh makan. Kecuali………..Aa ingin selalu mengajak neng n Dzakwan makan dirumah MakanNeng Ridho a

Yach udah dech sayang
Salam Cintaku untukmuI LOVE YOU HONEY
Semoga kita segera bersatu kembali
Tetap!!!!!!!!!!!!!!! Bantu neng dengan DO’AKarena neng sangat mengharapkan kita bersatu kembali.

TERPAKSA

Thanks yach a atas info n peringatannya. Insya 4JJ1 dalam setiap neng ngebanggain Dzakwan, selalu teriringi dengan kata “Subhanallah……….sungguh indah dan suci ya 4JJ1 ciptaanMu. Hanya Engkau yang Mampu menciptakan ini semua”. Ucapan tsb sebagai bentuk kekaguman neng ke Sang Pencipta dan neng sadar, Dzakwan hanyalah titipan 4JJ1 yang kelak harus neng pertanggung jawabkan ke hadiratNYA.

Neng tahu dan sadar banget, Aa hanyalah mengharapkan kabar kepastian akan diri neng.Kabar akan perceraian neng dengan edi.Lagi lagi neng akan tetap menyimpannya sendiri a. Walau sebenarnya hati ini gak kuat menampungnya.Tapi neng yakin, neng akan kuat dan neng akan bisa melakukannya. Jika memang kabar akan diri Dzakwan bukanlah suatu kabar yang menyenangkan serta yang Aa harapkan mungkin ini akan jadi kabar yang terakhir akan Dzakwan ke Aa. Bukan apa2, neng gak mau saja kekecewaan itu menumpuk dihati Aa. Jujur aja, neng kasih kabar Aa ttg Dzakwan hanya untuk berbagi kebahagiaan yang neng rasakan sejak kehadiran Dzakwan disisi neng. Tapi ternyata neng gak sadar kalo kabar akan diri Dzakwan juga menambah kekecewaan Aa ke neng. Seandainya benar, neng akan hentikan a walau dengan iringan kata TERPAKSA