Merakit PC

Tahun sebelumnya tips ini telah di publikasikan di ilmu-komputer.com sekarang saya posting di tempat saya, tadinya saya letakan di dua tempat, jadi dobel dobel ya sudah, akhirnya saya putuskan untuk saya letakan disini saja.

Ada apa di tahun 2008 ? kita akan membicarakan soal “menghamburkan uang” untuk para geeks, nerd, dan computer mania lainya, tips berikut akan memberikan anda sedikit penjelasan atau setidaknya membuka wawasan anda untuk mengetahui sistem komputer yang baik untuk anda beli di tahun 2008 ini, ternyata di tahun ini dan tahun kemarin tidak begitu banyak perbedaan, bagi anda yang mengikuti tips di tahun sebelumnya, anda sudah mulai bisa mengupgrade pc anda sesuai dengan kebutuhan anda.

Sistem Operasi.

Windows Vista telah dikeluarkan semenjak tahun 2007 januari, dan penggunanya semakin banyak dan menyebar, kehadiran windows vista ini banyak mendapatkan efek kurang baik dari para xp fans, karena feature yang diberikan tidak lebih baik dari yang sebelumnya, apalagi kabar nya Vista akan merelease service pack 1 nya, yang janjinya akan lebih stable dan lebih baik lagi.

Windows Xp, masih tetap bertahan, walau bagaimana pun pengguna Windows Xp tidak akan hilang begitu saja dan menggantikan Vista, mengingat Vista hanya sebuah “tambahan” pernak pernik saja, dan featurenya yang tidak menyenangkan, bahkan mempersulit, mungkin membuat orang masih ingin tetap berkutat di windows xp, seperti yang kita ketahui sebelumnya, Windows Xp sp 2 ini seperti layaknya windows 98Se yang ketenaran dan ke stabilanya mampu mengalahkan windows Me pada zaman itu, lagi pula, bagi anda pengguna windows xp, jangan terburu buru untuk mengganti OS anda ke Vista, karena Windows xp akan selalu di support sampai tahun xxxx lagi, jadi perjalanan xp dan vista masih lah sangat sangat panjang. Continue reading

Stop Dreaming Start Action

Stop Dreaming Start Action merupakan ungkapan/kata-kata dari banyak motivator Ulung yang tujuannya memacu kita supaya jangan ngayal terus, jangan mimpi terus. Tapi Mimpi harus ada terlebih dahulu sebelum action.. apa yang mau di Action kan kalo gak ada cita-cita atau tujuan?

Pada dasarnya semua orang memiliki mimpi yang tentunya beda-beda. Sekarang kita tinggal cari cara supaya mimpi itu bisa terwujud. Impossible  is Nothing kata orang bule mah atau gak ada yang gak mungkin selama kita bernafas dan berusaha untuk mencapai mimpi itu. Continue reading

Effect Lighting

Bermain Lighting Effect

Bermain lighting effect di photoshop bisa membuat kita banyak ide untuk design.. hebatnya lagi lighting effect bisa membuat seperti ukiran batu.. tinggal setting di Lighting effect nya aja.. nanti coba-coba sendiri ya.. saya cuman kasih pendahuluan nya aja.. alias dasar nya.. oia.. jangan lupa Stop Dreaming Start Action supaya cepet mahir dan bisa cepet-cepet bikin tutorial buat orang lain yang sedang dreaming karena gak ada tutorial buat action 🙂

Langsung action aja deh ..

Buka foto yang mau diedit..

stop-dreaming-start-action1

Buka Channel Palette .. Klik Di red Channel lalu tekan CTRL + KLIK sehingga terbentuk seleksi dengan sendirinya.

stop-dreaming-start-action2

Buat Channel Baru dengan klik Creat New Channel .. Nanti terbentuk Channel Alpha 1 .. (diganti juga boleh kok).. Sekarang channel yang aktif hanya Channel Alpha 1 . Continue reading

Memperbaiki Resolusi Gambar

Memperhalus Foto HandPhone yang Resolusi Rendah

Waktu lagi beres-beres file di komputer, saya nemu foto cewe cantik yang nyelip di tumpukan-tumpukan file.. tapi fotonya ada bintik-bintik karena diambil pake handphone dengan resolusi rendah. Ini ternyata bisa dibenerin.. tapi gak full bagus … karena emang gak bisa .. hehehe… tapi dengan sedikit usaha foto itu akhirnya bisa diminimalisir noise nya..

Gini nih cara nya :

pertama buka file foto cewe cantik nya

foto-hp1

Tekan CTRL + J untuk menduplikat.. saya suka ngebiasain ngeduplikat file asli dulu.. karena untuk perbandingan hasil nya.. di layer hasil duplikat Klik Filter > Noise>Reduce Noise ( perintah ini mungkin hanya ada di Photoshop CS2 keatas mungkin.. saya sendiri pake Photoshop CS3.<< (klik kalo mau download) Continue reading

Stop Motion Movie

Cara Membuat Stop Motion Movie

Ini sebenernya aga menyimpang dari Photoshop, tapi gak-apa-apa lah.. hanya sekedar pengetahuan aja..

Stop motion movie adalah Film yang dibuat dengan potongan-potongan gambar yang saling berhubungan satu sama lain nya.. saya sudah kasih contoh Stop motion movie di postingan saya sebelumnya. Memang hasilnya gak gitu bagus.. frame nya masih goyang-goyang.. karena pake alat seadanya aja.. itu juga dibantuin sama anak saya buatnya.. hehe.. yang blom tau video nya saya kasih lagi deh..

Film diatas dibuat dengan potongan-potongan gambar yang nanti akan saya kasih..
Untuk membuatnya dibutuhkan alat-alat : Continue reading