Merakit PC

Tahun sebelumnya tips ini telah di publikasikan di ilmu-komputer.com sekarang saya posting di tempat saya, tadinya saya letakan di dua tempat, jadi dobel dobel ya sudah, akhirnya saya putuskan untuk saya letakan disini saja.

Ada apa di tahun 2008 ? kita akan membicarakan soal “menghamburkan uang” untuk para geeks, nerd, dan computer mania lainya, tips berikut akan memberikan anda sedikit penjelasan atau setidaknya membuka wawasan anda untuk mengetahui sistem komputer yang baik untuk anda beli di tahun 2008 ini, ternyata di tahun ini dan tahun kemarin tidak begitu banyak perbedaan, bagi anda yang mengikuti tips di tahun sebelumnya, anda sudah mulai bisa mengupgrade pc anda sesuai dengan kebutuhan anda.

Sistem Operasi.

Windows Vista telah dikeluarkan semenjak tahun 2007 januari, dan penggunanya semakin banyak dan menyebar, kehadiran windows vista ini banyak mendapatkan efek kurang baik dari para xp fans, karena feature yang diberikan tidak lebih baik dari yang sebelumnya, apalagi kabar nya Vista akan merelease service pack 1 nya, yang janjinya akan lebih stable dan lebih baik lagi.

Windows Xp, masih tetap bertahan, walau bagaimana pun pengguna Windows Xp tidak akan hilang begitu saja dan menggantikan Vista, mengingat Vista hanya sebuah “tambahan” pernak pernik saja, dan featurenya yang tidak menyenangkan, bahkan mempersulit, mungkin membuat orang masih ingin tetap berkutat di windows xp, seperti yang kita ketahui sebelumnya, Windows Xp sp 2 ini seperti layaknya windows 98Se yang ketenaran dan ke stabilanya mampu mengalahkan windows Me pada zaman itu, lagi pula, bagi anda pengguna windows xp, jangan terburu buru untuk mengganti OS anda ke Vista, karena Windows xp akan selalu di support sampai tahun xxxx lagi, jadi perjalanan xp dan vista masih lah sangat sangat panjang.

Sementara di waktu yang sama, apple pun mengeluarkan OS terbarunya, sebut saja leopard, ini adalah lompatan besar dari apple setelah meluncurkan OS tiger di mesin apple, seperti yang kita lihat, ketika Apple di dual boot dengan menggunakan boot camp, mesin apple sanggup menjalankan Xp / Vista dengan smooth, sementara tidak sebaliknya, dan dari sisi feature apple memang menambahkan ratusan feature yang baru di leopardnya sebagai pengganti tiger yang lebih baik dan lebih konkrit, diketahui dari file system yang digunakan leopard dengan menggunakan ZFS file system.

Tips.

Bagi anda yang ingin menggunakan Windows Vista gunakanlah minimal Vista Home Premium karena terdapat fungsi networking dan media center yang lebih baik dari vista yang lainya seperti windows media center dan windows dvd maker, atau anda alihkan ke Vista busines kalau anda ingin menggunakan feature seperti backup restore , remote desktop, ketimbang feature multimedia, sedangkan Vista ultimate jika anda memiliki budget yang lebih anda bisa mendapatkan semua feature ditambah dengan bitLocker untuk meng enkrip harddisk anda.

Bagi anda yang cermat, anda masih bisa menggunakan windows XP, seberapapun canggihnya vista dan se aman apapun vista, anda bisa lakukan itu di windows xp, karena ribuan software pendukung di windows xp siap melayani anda ketimbang dengan vista, selain itu kecepatan proses dan penggunaan memory yang digunakan vista tidak akan nyaman untuk anda, dan kebutuhan perangkat keras pun akan semakin terasa dan mencekik budget anda, selama kompabilitas software vista dan xp masih ada, anda masih bisa tetap menggunakan windows xp.

Ingat!

Jangan beli Vista home basic, karena featurenya tidak lebih dari windows xp, hanya dengan tambahan tambahan tampilan saja jadi terlihat lebih bagus.

Linux sejauh ini masih terus membayangi kedua OS ini, ubuntu LTS nya dan SUSE masih menjadi andalan yang paling nyaman digunakan untuk para pengguna desktop, namun ini adalah OS yang sedikit rumit ( bagi anda yang tidak suka PC ) karena anda harus mengetahui dimana mencari jawaban dari setiap masalah, error, dan lainya, anda harus aktif di milis milis untuk mencari jawaban dari masalah pc anda dengan OS linux anda, karena begitulah linux, dan itulah yang mengasyikan dari linux, dan tidak menjadi mengasyikan jika anda orang yang ingin langsung pakai on the fly, tampa harus mengcompile, mengkonfigurasi, dan mencari cari package.

Jadi prioritas untuk OS masih jauh dari budget anda, belilah Vista, jika anda memang benar benar kelebihan budget, gunakan Xp kalau budget anda kurang mendukung, atau Linux, jika budget anda memang tidak ada untuk OS.

RAM

Siapkan ram yang besar, ini bukan karena faktor sistem operasi, melainkan karena faktor software yang muncul saat ini kebanyakan menggunakan ram yang sangat tinggi, sebut saja, Adobe Photoshop, AcDsee dan lainya, semua aplikasi membutuhkan ram, apalagi jika anda internet surfer maniak, yang menggunakan firefox dengan berjubel jubel plugins didalamnya, kehadiran ram yang lebih ini akan menolong anda dari kenyamanan anda menjalankan komputer.

Seperti yang kita ketahui, jenis ram ddr3 sudah di perkenalkan di pertengahan tahun 2007, seperti biasa, intel sebagai teknologi processor terdepan akan segera mengadopsi teknologi ini di motherboard terbaru dan processor nya, sementara bagi pengguna amd anda masih bisa bertenang tenang sejenak, karena anda akan masih menggunakan ram ddr2 setidaknya sampai akhir dari tahun 2008 ini.

Tips.

Belilah ram yang lebih besar dari 1 GB, anda bisa merangkainya dengan memasukan 2 keping 512 ( dual channel ) atau 1 keping 1GB namun untuk yang 1 keping pastikan ram anda bukanlah ram standar, sebaiknya ram ini harus memiliki kecepatan yang lebih daripada ram standar, baik dari bus maupun kecepatan latency nya.

ingat!

Semakin banyak / besar kapasitas ram, semakin nyaman anda melakukan operasi multi tasking pada komputer anda.

Processor

Tidak diragukan lagi, tahun 2007 tahun dimana anda diperkenalkan dengan teknologi quad processor, dimana dalam 1 chips processor terdapat 4 core yang dapat memproses 4 instruksi dalam 1 waktu sehingga waktu yang dibutuhkan untuk memproses semua instruksi menjadi lebih singkat, karena instruksi tersebut di bagi menjadi 4. misalnya dalam contoh: anda memiliki instruksi selama 10 detik di pc anda, dengan quad processor anda dapat menyelesaikan instruksi itu dalam waktu 2,5 detik, karena instruksi tersebut di bagi menjadi 4.

Intel dan AMD memang telah mengeluarkan teknologi ini secara bersamaan dengan, tips untuk processor, sebaiknya anda hindari upgrade processor, karena proses nya ini akan memakan waktu yang cukup lama untuk instalasinya, dan membutuhkan sedikit ketelitian, selain itu processor lama anda belum tentu bisa di jual dengan harga yang menarik, jadi.

Tips.

Belilah processor yang terbaik dan tepat bagi pilihan anda, dan pastikan anda tidak perlu mengupgrade processor anda setidaknya untuk dalam masa 3 – 4 tahun kedepan, tentu saja anda ingin menggunakan pc anda dalam waktu yang cukup lama bukan ? jika budget anda memang besar anda bisa langsung mengadopsi processor tercepat dari Intel yaitu core 2 extreme qx9650 atau bagi anda yang ingin mengupgrade anda bisa mengalihkan processor anda ke kelas ini, karena processor ini masih menggunakan LGA775 untuk operasinya sedangkan untuk yang kelas lebih rendahnya anda bisa menggunakan core 2 Quad Q6600, atau jika memang Quad belum lah menjadi pilihan anda, anda masih bisa melihat kelas Dual Core dari AMD ataupun intel, untuk intel mungkin anda bisa melihat seri E6000 nya, sedangkan untuk AMD anda bisa melihat seri Phenom X2 nya.

Ingat!

dari semua processor yang anda gunakan, hanya yang Extreme Edition yang benar benar terasa cepat nya, namun yang lainya tidak begitu terasa oleh indra kita.

Storage / Media Penyimpanan

Dari tahun ke tahun media penyimpanan menjadi sangat cepat dan meningkat, pertumbuhanya pun semakin cepat melihat kebutuhan kita untuk menyimpan video data dan beberapa media file yang ukuranya pun semakin besar, media penyimpanan ini pun memiliki berbagai macam jenis, yang magnetis sudah mencapai 10k Rpm, ada yang solid state memory yang memungkinkan penulisan data yang lebih cepat lagi.

Tidak dipungkiri untuk kebutuhan media penyimpanan bukan karena faktor data, namun faktor software yang terinstall didalamnya pun menjadi signifikan, mengingat banyak perangkat lunak terbaru saat ini memakan kapasitas yang sangat besar, lihat saja adobe reader, acdsee, photoshop, office, dan lainya, membuat anda mau tidak mau untuk membeli media penyimpanan yang lebih besar.

Untuk media penyimpanan anda hanya memiliki 2 option seagate dan western digital, karena 2 brand ini saja yang sudah diketahui jam terbangnya, ada juga hitachi dan samsung mengeluarkan disk nya namun ini belumlah begitu baik selain panas, faktor garansi, servis dan keamanan data menjadi sangat penting untuk anda pertimbangkan, begitupun harddisk berukuran TB sudah mulai keluar, belum berarti anda harus membelinya karena membeli media penyimpanan bisa anda upgrade secara berkala diwaktu mendatang.

Tips.

Untuk sistem operasi di dalam disk anda belilah harddisk dengan kecepatan tinggi jika budget anda berlebih anda bisa mencari WD raptor yang 10k Rpm dengan ukuran 75gb 1 pasang ( 2 item ) lalu anda Raid 0 disk tersebut untuk memperoleh performa yang lebih tinggi dalam proses data di level OS jika tidak memungkinkan anda bisa menggunakan disk 7200rpm biasa untuk di raid 0, mengingat motherboard saat ini telah banyak yang mengintegrasikan raid didalamnya anda bisa memanfaatkan ini untuk meningkatkan kecepatan penulisan data di harddisk anda. sedangkan untuk Data anda bisa memilih disk standar dengan kapasitas yang bisa anda sesuaikan dan anda upgrade di waktu mendatang.

Motherboard

Motherboard telah menjadi bagian yang paling mendasar dalam perakitan pc anda di tahun ini, karena dipastikan semua feature yang akan anda adopsi setidaknya harus sudah ada di motherboard anda atau anda terpaksa harus membeli card khusus untuk feature yang anda butuhkan, misalnya anda seorang video editor, mau tidak mau anda membutuhkan konektivitas firewire secara langsung di pc anda, sehingga proses capture video dapat dilakukan dengan mudah. yang patut anda pertimbangkan saat membeli motherboard baru sebenarnya ada 4 faktor mendasar, yaitu:

  1. Soket processor ( pertimbangan untuk mengupgrade ke processor yang lebih tinggi )
  2. Slot memori ( pertimbanan untuk nenambah kapasitas memori dengan jumlah slot yang tersedia )
  3. Expansion ( I/O) ( pertimbangan untuk jumlah, usb, firewire, audio input, ext sata, 1 Ethernet, 2x Ethernet dan lainya )
  4. Chipset Motherboard ( pertimbangan untuk bus speed dari motherboard ), untuk mengetahui kemampuan dan spesifikasi chipset yang anda butuhkan anda bisa mengunjungi situs ini untuk Intel dan situs ini untuk AMD atau alternatif lainya anda bisa melihat NVIDIA Chipset

Tips.

Pilihlah motherboard yang sesuai dengan kebutuhan anda dan kemampuan maximum processor anda, ketika anda membeli processor jenis A belilah motherboard yang mampu mendukung processor jenis A dengan feature yang anda butuhkan di dalamnya, jangan membeli motherboard yang memungkinkan anda untuk mengupgrade processor anda, karena ini akan berakibat rugi untuk anda sendiri, karena :

  1. Anda belum tentu bisa menjual processor anda lagi.
  2. Pastinya harga motherboard tersebut akan mahal sekali.

Bagi anda pengguna yang akan merencanakan untuk membeli pc baru belilah dan menginginkan semua nya lengkap anda bisa membeli board dari Gigabyte GA-X38-DQ6 setidaknya jika anda menggunakan motherboard ini sebaiknya anda sesuaikan processor nya ( kelas quad core ) karena motherboard ini menggunakan chipset seri yang paling terakhir yaitu X38 yang memiliki bus speed sampai 1600, lain dengan yang di bawah nya P35-DS3R meskipun sudah mensupport untuk multicore namun bus speed nya 1066, sehingga anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan anda untuk hal ini.

Untuk AMD anda bisa memperoleh GA-MA790FX-DQ6, karena sudah mensupport banyak processor untuk dari jenis lama atau jenis baru.

Jika anda bukanlah seorang gamers, makan Nvidia adalah jawabanya, anda bisa menggunakan motherboard yang terintegrasi langsung Graphic processing didalamnya, dalam hal ini Nvidia lah jawabanya dengan chipset Nforce nya Nvidia bisa dibilang menjadi yang terdepan dalam embeed VGA untuk saat ini.

Ingat!

Bagi anda yang ingin menggunakan motherboard AMD anda bisa memprioritaskan processor di bawah motherboard artinya anda berkesempatan untuk mengupgrade processor anda ke kelas yang lebih tinggi selama motherboard anda masih mampu mendukung nya, sehingga bagi anda yang akan merencanakan menggunakan AMD, belilah motherboard yang seri dan revisi terakhir, dan sesuaikan processornya dengan budget anda. mengapa demikian ?

  1. Kesempatan anda lebih besar lagi untuk menjual processor anda ( kepada para overclocker tentunya )
  2. Harga processor anda tentu saja lebih murah daripada Intel.
  3. Processor anda bisa di Tweak dan di Overclock, jika anda mendapatkan seri yang bagus anda bisa menjualnya dengan harga yang lebih tinggi malah.

Memilih AMD atau Intel secara garis besar bisa anda sesuaikan, Intel lebih tangguh menjalan program secara bersamaan dalam 1 waktu, AMD lebih tangguh menjalankan program animasi atau games.

Graphics Adapter

Bagi para gamers menggunakan Graphics adapter yang terbaru adalah impian, bisa di bilang harga graphics adapter ini bisa seharga komputer itu sendiri, pada saat ini kebanyakan graphics card yang terpasang pada motherboard sudah menggunakan PCLe16x atau PCLe16x 2.0 slot bagi para gamers tentu saja lebih baik bagi anda untuk menggunakan VGA dengan ram diatas 512 seperti Nvidia Geforce 8800 GTX atau AMD Radeon HD2900 XT yang kisaran harganya bisa dari 4 juta sampai 10 juta selain itu juga membutuhkan beberapa watt yang lebih besar daripada VGA lainya, hal ini menyebabkan anda tidak memungkinkan untuk menggunakan power supply biasa.

Jika anda tidak terlalu membutuhkan itu, anda bisa menggunakan Geforce 8600 atau Radeon 3870,yang kisaran harganya masih di bawah 2,5 juta, sehingga dengan spesifikasi seperti ini, setidaknya anda masih bisa bermain game dengan kualitas yang di turunkan sedikit. Atau jika memang anda tidak menginginkan game sama sekali anda bisa menggunakan VGA yang terintegrasi langsung ataupun Geforce 8500 dan Radeon 2400XT yang harganya berada di kisaran 1 juta.

Semua card ini tentu saja sudah mendukung DirectX10, sehingga anda bisa menggunakan Vista di lain waktu ( jika sudah saat nya ).

Monitor

Saat nya meninggalkan monitor CRT anda, karena saat ini telah banyak monitor LCD yang jika anda hitung dalam pertahun nya anda membeli monitor Crt anda akan merasa lebih untung memiliki Lcd, berikut pertimbangan mengapa anda harus meninggalkan Crt.

  1. Anda bukan seorang desainer yang membutuhkan pixel dan kecil dan resolusi besar.
  2. Ruangan anda akan terasa panas karena panas yang dihasilkan dari monitor crt.
  3. Watt yang digunakan dalam monitor crt lebih besar daripada Lcd, yang mengakibatkan penggunaan listrik anda lebih mahal.
  4. Memakan space yang cukup besar di ruangan anda membuat nya tidak fleksibel

Tips.

Jika ingin membeli LCD belilah sesuai dengan spesifikasi karakteristik penggunaan pc anda, misalnya jika anda seorang gamers pilihlah yang kualitas brightness dan contrasnya tinggi dan memiliki kecepatan respons yang tinggi, sampai saat ini monitor lcd dengan kecepatan yang tinggi sampai 2ms sehingga untuk gamers dengan contras ratio 5000:1 dan kecepata respons 2ms memang sangat baik untuk menikmati games.

Jika anda hanya ingin menggunakan untuk biasa Monitor Lcd dengan 8ms dan 2000:1 contras ratio sudah cukup memuaskan untuk anda.

Ingat!

Kecepatan respons yang sangat rendah ini dapat anda rasakan ketika monitor lcd di perintah untuk memproses efek kilatan, percikan air, dan percikan cahaya ketika bermain games, ketika monitor lcd anda memiliki respons yang lambat, games anda akan terlihat blurr saat memproses image seperti ini, karena kemampuan lcd tersebut untuk menghasilkan efek 3d membutuhkan waktu yang lebih lambat akhirnya proses rendering nya tidak berjalan dengan sempurna.

Contrast ratio akan berpengaruh pada saat anda menampilkan gambar yang terang / gelap, pada kontras yang kecil pada saat gambar nya gelap atau redup anda akan kesulitan melihatnya, beda dengan kontras ratio yang lebih besar anda bisa melihat nya dengan detail walaupun saat gelap.

Audio

Untuk keperluan audio karena kebanyakan motherboard telah dilengkapi dengan audio, terkadang ada yang sudah THX maka anda tidak diperlukan lagi untuk membeli card khusus, mungkin anda perlu membeli card khusus jika memang anda membutuhkanya, misalnya saja anda seorang audioman atau audio engineer, maka anda membutuhkan beberapa konektor langsung dan pemrosesan suara yang lebih canggih.

Speaker

Setidaknya anda memiliki 5.1 speaker supaya anda bisa menikmati layaknya home theater di komputer anda, dengan speaker 5.1 yang berkualitas bagus dan layar lcd yang besar anda tidak perlu lalu membeli home theater set.

Namun untuk ini bukanlah kebutuhan yang sangat primer, karena ini hanyalah bagian untuk hiburan di pc anda. Demikian, semoga tips ini bisa menjadi panduan untuk anda bagi yang ingin membeli komputer di tahun 2008.

One thought on “Merakit PC

  1. Pingback: Kerangka Dasar & Struktur Kurikulum | alfano2

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s